PELATIHAN PENGGUNAAN PLATFORM ASSEMBLR EDU BAGI GURU DAN PESERTA DIDIK DI SDN 7 MATARAM
Authors
Muhammad Erfan , Siti Istiningsih , Nurul Kemala Dewi , Darmiany Darmiany , I Nyoman KarmaDOI:
10.29303/jwd.v6i1.294Published:
2024-04-30Issue:
Vol. 6 No. 1 (2024): AprilKeywords:
android, object 3D, augmented reality, lmsArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Kegiatan pelatihan penggunaan platform Assemblr Edu bagi guru dan peserta didik di SDN 7 Mataram bertujuan untuk mengenalkan salah satu platform learning management system yang dapat terintegrasi Object 3D dan Augmented Reality melalui device smartphone masing-masing guru maupun peserta didik. Assemblr Edu yang merupakan salah satu platform pembelajaran yang mudah digunakan serta materi yang ada juga dapat diintegrasikan dengan benda tiga dimensi dan Augmented Reality hanya saja belum banyak diketahui oleh pendidik atau guru khususnya di SDN 7 Mataram. Kegiatan pelatihan telah dilaksanakan pada Sabtu 4 November 2023 yang dihadiri kepala SDN 7 Mataram beserta dewan guru dan staf tata usaha, selain itu beberapa peserta didik khususnya dari kelas tinggi juga hadir dalam kegiatan pelatihan. Materi pelatihan meliputi pengenalan platform Assemblr Edu, Aplikasi Android Assemblr Edu, mendaftar akun di Assemblr Edu, cara login ke akun di Assemblr Edu, menambahkan dan mengelola peserta didik (student) pada Platform Assemblr Edu, serta menambahkan berbagai object 3D dan mengintegrasikannya dengan Augmented Reality melalui marker yang dapat discan. Kegiatan pelatihan dikategorikan berhasil karena beberapa guru telah mampu membuat kelas pada platform Assemblr Edu serta dapat mengintegrasikan Object 3D dan bahan ajar yang terintegrasi Augmented Reality.References
Carrión-Robles, F., Espinoza-Celi, V., & Vargas-Saritama, A. (2023). The Use of Augmented Reality through Assemblr Edu to Inspire Writing in an Ecuadorian EFL Distance Program. International Journal of Engineering Pedagogy (IJEP), 13(5), 121–141. https://doi.org/10.3991/ijep.v13i5.38049
Dewi, A. C., Dewi Aqmarina, N., Luckianto, M., Guntoro, D., & Taufiq, M. (2023). Hygiene Heroes: Developing Augmented Reality Game for Children’s Cleanliness Awareness Using Assemblr. 2023 International Conference on Informatics, Multimedia, Cyber and Informations System (ICIMCIS), 217–221. https://doi.org/10.1109/ICIMCIS60089.2023.10349060
Hany, B. A., & Setyaningsih, N. (2021). The Influence of Learning Media, Learning Motivation and Mathematics Communication on Mathematics Learning Outcomes. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 11(2), 50. https://doi.org/10.20961/jmme.v11i2.58715
Hartariani, L. L., Damayanthi, L. P. E., Wirawan, I. M. A., & Sunarya, I. M. G. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3 DIMENSI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA PENYANDANG TUNAGRAHITA (Studi Kasus: Siswa Kelas D2/Semester 2 SLB C Negeri Singaraja). Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8522
Ismail, I. (2019). Perkembangan Kognitif Pada Masa Pertengahan dan Akhir Anak-Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.47435/jpdk.v4i1.90
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011
Kurniawan, P. Y., Nisa, E. K., Sari, F. K., & Ramdhan, N. A. (2024). Revolutionizing Language Learning: Exploring the Efficacy of Augmented Reality Technology Through Assemblr Studio. E3S Web of Conferences, 500, 01020. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202450001020
Mahendra Halim, I., Susilawati, W., & Sugilar, H. (2024). Mathematical Problem Solving Through Mobile Learning Development Based on Assemblr Edu. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v9i13.16035
Majid, N. W. A., Rafli, M., Nurjannah, N., Apriyanti, P., Iskandar, S., Nuraeni, F., Putri, H. E., Herlandy, P. B., & Azman, M. N. A. (2023). Effectiveness of Using Assemblr Edu Learning Media to Help Student Learning at School. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 9243–9249. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i11.5388
Mauliya, A. (2019). Perkembangan Kognitif pada Peserta Didik SMP (Sekolah Menengah Pertama) Menurut Jean Piaget. ScienceEdu, 86. https://doi.org/10.19184/se.v2i2.15059
Md Enzai, N. I., Ahmad, N., Ab. Ghani, M. A. H., Rais, S. S., & Mohamed, S. (2021a). Development of Augmented Reality (AR) for Innovative Teaching and Learning in Engineering Education. Asian Journal of University Education, 16(4), 99. https://doi.org/10.24191/ajue.v16i4.11954
Md Enzai, N. I., Ahmad, N., Ab. Ghani, M. A. H., Rais, S. S., & Mohamed, S. (2021b). Development of Augmented Reality (AR) for Innovative Teaching and Learning in Engineering Education. Asian Journal of University Education, 16(4), 99. https://doi.org/10.24191/ajue.v16i4.11954
Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di SD/MI. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253–263.
Novian Dini, E. D., Chamidah, A., & Roosyanti, A. (2019). PEMANFAATAN MEDIA TIGA DIMENSI SEBAGAI SARANA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 183. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a9.2019
Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153–162. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1186
Palma, E. T., Tabangay, J., & Jerunggay, M. S. (2024). Levels of Social Media Engagement and Academic Performance among Intermediate Grade Learners of Jolo Elementary School. International Journal of Education and Teaching Zone, 3(2), 172–181. https://doi.org/10.57092/ijetz.v3i2.229
Pratiwi, K. D., Suwatra, I. W., & Suarjana, I. M. (2013). Pemanfaatan Media Torso untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 02 Paket Agung Singaraja. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1), 1–10.
Putra, L. D., Thasia, A., Istinawaro, N., & Ulayya, N. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Media Digital Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa. Kappa Journal, 7(2), 319–325. https://doi.org/10.29408/kpj.v7i2.20961
Rahmawati, O. P. (2014). Penggunaan Media Torso untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1–10.
Rofiq, A. A., Anjaina, A., Romdloni, R., & Ulwiyah, N. (2022). Media Quizizz Mampu Mengatasi Kejenuhan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 101. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.101-112.2022
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Erfan, Siti Istiningsih, Nurul Kemala Dewi, Darmiany Darmiany, I Nyoman Karma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.