PEMANFAATAN LAGU FIVE FINGERS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 6 SD PASIR MARIS
Authors
Jauhar Helmie , Nur Tsalis Sayidah , Hikmat Taufik , Zuber ZuberDOI:
10.29303/jwd.v6i2.300Published:
2024-07-26Issue:
Vol. 6 No. 2 (2024): AgustusKeywords:
Bahasa Inggris, Kognitif, Pengajaran, PsikomotorikArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Belajar bahasa Inggris memanfaatkan lagu dapat menjadi sarana yang baik dalam meningkatkan daya ingat dan kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian ini meliputi: (1) Meningkatkan pemahaman siswa tentang kosakata, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan metode kualitatif untuk siswa. Sosialisasi ini dilakukan di kelas 6 dengan total 30 siswa. Sosialisasi ini mengukur semua domain yang ada dalam capaian pembelajaran, yaitu: kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil dari ini Sosialisasi menunjukkan peningkatan pada setiap domain di setiap siklus. Dengan metode Kualitatif siswa mendapatkan pengalaman belajar langsung sehingga bahwa pembelajaran lebih menarik dan dapat meningkatkan pembelajaran siswa. Metode yang digunakan adalah Metode Kualitatif dengan pendekatan observasi kepada 30 peserta didik. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran tambahan telah terbukti secara teoretis dan empiris menjadi teknik yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa sekolah dasar. lagu adalah cara yang bagus untuk mengekspos siswa pada bahasa otentik. Dari hasil pengabdian ini di temukan bahwa dalam meningkatkan daya ingat maupun kemamuan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris, hal ini dapat dibuktikan dengan mudahnya lagu diikuti dan diingat oleh para siswa. Selain itu, lagu dapat menghadirkan kenikmatan, sehingga guru dapat menghidupkan suasana kelas dengan merangsang minat siswa melalui lagu.References
Arimbi Pamungkas1, A. T. (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Lagu pada Siswa Sekolah Dasar. Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability, 4(1), 1–12.
Atikoh Zulfa, R. A., & Utami, H. T. (2021). Upaya Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Dan Permainan Edukatif Pada Siswa Sd Negeri Nusamangir. Journal of Education and Teaching, 3(1), 51. https://doi.org/10.24014/jete.v3i1.14512
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches: Fifth Edition. In Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Hartin. (2017). PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR. 1–18.
Helmie, J. (2015). Verb Go ( back to , on , and out ) in English for TEFL in the Novel of New Moon by Stephenie Meyer : The Syntactic and Semantic Analysis. Educare, 7(February), 123–134.
Helmie, J., Puspitawati, T. F., & Salsabila, V. A. (2023). Developing Self-Regulated Learning with Technology Using Elsa Speak in Speaking Classroom. 01(1), 347–357.
Lee & Hammer. (2016). Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal TICOM, 5(1), 1–6.
Nisa, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Thufula, 08(01).
Nurrina, Helmie, J., & Halimah. (2018). Pre-service Teachers’ Corrective Feedback in Oral Interaction: A Comparison of Microteaching and Teaching Practicum. International Seminar on Education and Development of Asia.
Nurviyani, V., & Helmie, J. (2023). Exploring the Social-Emotional Competence Use in Reading Multimodal Text. 01(1), 431–441.
Ranuntu, G. C., Tulung, G. J., Ilmu, F., Universitas, B., & Ratulangi, S. (2018). Peran lagu dalam pengajaran bahasa inggris tingkat dasar 1. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 4, 99–110.
Şevik, M. (2015). Teacher views about using songs in teaching English to young learners. Educational Research and Reviews, December 2011. https://doi.org/10.5897/ERR11.250
License
Copyright (c) 2024 Jauhar Helmie, Nur Tsalis Sayidah, Hikmat Taufik, Zuber Zuber
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.