Sosialisasi Penggunaan Microsoft Teams Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring)
Authors
Fatma Yuniarti , Dian Rakhmawati , Dwi Cahya HarsaniDOI:
10.29303/jwd.v3i3.167Published:
2021-12-20Issue:
Vol. 3 No. 3 (2021): Jurnal Warta Desa (JWD)Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tujuan pengabdian ini adalah untuk mensosialisasikan pemanfaatan aplikasi Microsoft Teams dari Microsoft Office 365. Microsoft Teams adalah aplikasi kekinian berupa hub bagi sebuah tim, baik di organisasi skala kecil atau besar yang memungkinkan pengguna berkolaborasi dan berkomunikasi dengan mudah dimana pun berada. Setiap pengguna dapat melakukan penyesuaian menambahkan catatan/aplikasi lainnya menggunakan fitur Conversation atau Chat untuk berkomunikasi dengan rekan kerjanya. Selain itu pengguna dapat melakukan pengeditan pada sebuah dokumen langsung secara bersamaan tanpa membuka aplikasi lain. Sehingga semua terpusat dalam satu tempat. Microsoft Teams dalam dunia pendidikan dijadikan sebagai alat untuk merancang kelas virtual yang memudahkan guru dan siswa, antar guru/antar siswa berkomunikasi dan berkolaborasi menghasilkan keluaran pembelajaran yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Guru-guru SDN 3 Rejosari mengalami peningkatan pesat sebesar 93 % dalam hal pemahaman serta penguasaan Microsoft Teams for Education dalam pembelajaran daring kategori sangat baik. Kerjasama serta motivasi dan semangat guru-guru SDN 3 Rejosari sangat diapresiasi.References
Armiati, & Yanrizawati. (2020). Analisis Pemanfaatan Media Daring dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa di Kelas XI SMAN 1 Koto Balingka. Jurnal Eksakta Pendidikan, 4. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss2/507.
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(4). https://doi.org/ISSN: 2355-7761
Astuti, M & Solikhah, I. (2020). Teacher Perception in Teaching English for SMP in Klaten Regency During Covid-19 Outbreak. IJOTL-TL: Indonesian Journal of Language Teaching and Linguistics, 6(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.30957/ijoltl.v6i1.645.
Bungin, B. (2006). Metodologi Penelitian kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654.
Henderson, D. (2020). Keep calm and carry on learning: using Microsoft Teams to deliver a medical education programme during the COVID-19 pandemic. Future Healthcare Journal, 7. Retrieved from https://doi.org/10.7861/fhj.2020-0071
Hidayatullah, S., Khouroh, U., Windhyastiti, I., Patalo, R. G., & Waris, A. (2019). Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika. https://doi.org/https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i1.4165.
Kemendikbud. (2020). SE Kemendikbud Menteri Nomor 4 Tahun 2020. Retrieved from http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/read-news/surat-edaran-mendikbud-nomor-4- tahun-2020.
Khotimah, K., & Wahyuningsih, R. (2020). Hubungan Antara Tingkat Kesibukan Orang Tua dan Kecenderungan Memilih Teman Sebaya dalam Pengembangan Akhlak Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(2), 166–182. https://doi.org/https://doi.org/10.30957/cendekia.v14i2.640.
Martin, L., & Tapp, D. (2019). Teaching with Teams: An introduction to teaching an undergraduate law module using Microsoft Teams. Journal Innovative Practice in Higher Education Taffordshire University, 3. https://doi.org/http://journals.staffs.ac.uk/index.php/ipihe/article/view/188
Nahar. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Nusantara (Ilmu Pengetahuan Sosial), 1. Retrieved from http://jurnal.umtapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/94.
Nurjati. (2002). Pembelajaran Akidah Akhlak, Basis Humansitik, Pendekatan Active Learning. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Putri, R. A & Handayaningrum, W. (2020). Idiosyncrasies of Cultural Arts Education, Heutagogy, and Online Learning during the COVID-19 Pandemic in Indonesia. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(2), 77–92. https://doi.org/https://doi.org/10.30957/cendekia.v14i2.624.
Rachman, D., Sunarti & Arbain. (2019). The Effect of E-learning Based Schoology on the Learning Outcomes in Nursing Program. IJOTL-TL: Indonesian Journal of Language Teaching and Linguistics, 4(3), 156–166. https://doi.org/156-166. https://doi.org/10.30957/ijoltl.v4i3.607.
Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Retrieved from uin-malang.ac.id.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768.
Saddhono, K., Sudarsana, K., & Iskandar, A. (2018). Implementation of Indonesian Language the learning Based on Information and Communication Technology in Improving Senior High School Students’ Achievement in Surakarta. In 1st UPY International Conference on Applied Science and Education 2018. Yogyakarta: IOPScience.
Saddhono, K., Suhartatik, Bagiya, Widodo & Wahyono, H. (2019). Learning vocabularies using multimedia-based Teaching Indonesian to Speakers of Other Languages (TISOL). In International Conference Computer Science and Engineering. Yogyakarta.
Salim, S., Anwar, K., & Kuncoro, A. T. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan untuk Mendukung Layanan Pendidikan Daring. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENAM) 2020. Semarang: Prodi Tarbiyah FAI Unissula. Retrieved from https://jacips.machung.ac.id/index.php/senam/article/view/15
Satgas Penanganan COVID-19. (2020). Situasi Virus COVID-19 di Indonesia. Retrieved from https://covid19.go.id/.
Sholeh, M. B. (2020). Task-Based Learning in the Classroom for EFL Learners: A Review. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 17(2), 123-134. https://doi.org/https://doi.org/10.30957/lingua.v17i2.641.
Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat,Pengembangan,Pemanfaatan,dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Utomo, M. N. Y., Sudaryanto, M., & Saddhono, K. (2020). Tools and Strategy for Distance Learning to Respond COVID-19 Pandemic in Indonesia. Ingénierie Des Systèmes d Inf., 25(1). https://doi.org/https://doi.org/10.18280/isi.250314.
Wibowo, A. I., & Khairunas, S. (2020). Student’s Perception of Online Learning for Public Speaking Course, LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 17(2), 111–122. https://doi.org/https://doi.org/10.30957/lingua.v17i2.640.
Widiyono, Rochimansyah, A., Aryanto, Setyowati, H., & Saddhono, K. (2019). Media Based on Technology to Study Spoken Javanese Politeness. In ICSTEEM 2019 and 3rd Grostlog 2019. Jakarta: IOPScience. https://doi.org/doi:10.1088/1742- 6596/1573/1/012 001.
Widyaningrum, H. K., Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Novianti, D. E., Saddhono, K., & Supratmi, N. (2020). The Use of Edmodo Apps in Flipped Classroom Learning. How is the Students’ Creative Thinking Ability? Ingénierie Des Systèmes d Inf., 25(1). https://doi.org/https://doi.org/10.18280/isi.250109.
Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar KEMENDIKBUD sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. ADIWIDYA Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25078/aw.v5i1.1306.
Zuhdi, M. L. (2020). Perlawanan dan Kepasrahan: Pandemi Covid-19 di Mata Empat Penyair Arab. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 17(2), 203- 217. https://doi.org/https://doi.org/10.30957/lingua.v17i2.660.