SI GARANG (STIK IKAN PRINGGAJURANG) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN NILAI EKONOMI HASIL PRODUKSI IKAN DI DESA PRINGGAJURANG KECAMATAN MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Juhaeri’ah Juhaeri’ah, I Wayan Wariata

Abstract


Tulisan ini menjelaskan tentang upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat desa Pringgajurang serta sumber daya alam yang dimiliki melalui pelatihan dan pengolahan ikan menjadi stik ikan. Desa Pringgajurang merupakan desa yang aktif berkerjasama dengan BUMDes Al-ikhlas yang merupakan badan usaha desa yang ikut serta dalam mengembangkan potensi desa dan pengelolaan usaha masyarakat desa Pringgajurang. Hal tersebut telah didukung dengan ketersediaan perlengkapan yang dibutuhkan masyarakat terkait dengan pengembangan usaha masyarakat. Namun, yang menjadi kendala didesa ini ialah kurangnya pengetahuan masyarakat dalam hal cara pengolahan ikan untuk menjadi produk yang diinginkan. Sehingga pelatihan mengenai pembuatan stik ikan dalam rangka memberikan pembelajaran kepada masyarakat agar dapat mengelola ikan untuk meningkatkan nilai jual dari ikan yang melimpah pada musim-musim tertentu dapat dilakukan. Dampak yang ingin dicapai ialah terciptanya masyarakat yang mampu mengelola sumber daya yang ada didesa tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara sedangkan metode analisis  menggunakan deskriptif  kualitatif. Hasil yang telah dicapai dengan adanya program ini  ialah bertambahnya pengetahuan masyarakat untuk mengoptimalkan sumber daya ikan sehingga terciptanya produk olahan stik ikan yang berkualitas dan berdaya saing dipasaran..

Kata Kunci: Sumber daya, Ikan, Stik ikan


Full Text:

PDF

References


Irmansyah, J dan Kusnadi. 2009. Sifat Listrik Telur Ayam Kampung Selama Penyimpanan. Jurnal Media Peternakan. 32 (1) : 22-30.

Muzakki. I. (2015). Manajemen Proses Produksi Stik ikan Lemuru (Sardinella lemuru) di Balai hasil pengolahan Perikanan dan Kelautan (BHPPK) Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Surabaya. Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga.

Pangabean, S. M. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pratiwi, Fitriana. 2013. Pemanfaatan Tepung Daging Ikan Layang Untuk Pembuatan Stik Ikan. Skripsi: Jurusan Teknologi Jasa Dan Produksi , Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Putri, D. A, Pratiwi, A, dan Suwartiningsih, N. 2018. Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani dalam Diversifikasi Olahan Ikan Nila. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat . 2 (2): 375-380.

Salaman, Y, Novita, S,dan Shaliha, N. R. 2015. Pengaruh Proporsi Daging Ikan Patin (Pangasius hypophtalmus) dan Wortel (Daucus carota L) Terhadap Kadar Protein, Kalsium DAN Daya Terima Stik Nuget Ikan. Jurkessia. V (3):51-58.

Siswanti, Agnesia, P. Y, dan A Katri, R. B. 2017. Pemanfaatan Daging dan Tulang Ikan Kembung (Rastrelliger kangurta) dalam Pembuatan Cemilan Stik. Jurnal Teknologi Hasil Pertanian. X (1): 41-49.

Utami, D. C. 2018. Pemberdayaan Perempuan Pesisir Melalui Pengembangan dan Pengauatan Perekonomian Berbasis Komoditas Lokal. Jurnal Soeropati. 1(1): 11-22.

Widiastuti, C. T., dan Niati, A. 2018. Pelatihan Pembuatan Stik Sehat Ikan Kakap untuk PemberdayaanIbu Rumah Tangga Kelurahan Mlatiharjo Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 9(2): 240-247.

Yanuar, V, Suharjo, M, dan Igas, A. 2016. Pengaruh Bahan Baku Ikan Terhadap Nilai Organoleptik dan Nilai Kandungan Gizi Produk Stik Ikan Dikabupaten Kota Waringin Barat. Jurnal Ziraa’ah. 41 (3): 346-354.


Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Mataram

Address: Jalan Pendidikan No. 37 Mataram - NTB, Indonesia. 
Phone: (0370) 641552, 638265 Fax. (0370) 638265
Website: lppm.unram.ac.id, Email:  lppm@unram.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Warta Desa (JWD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License