PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN INDUSTRI KERIPIK BONGGOL PISANG UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI RUMAHAN DI DESA AIK BUKAQ

I Made Sudantha, Nurmala Dewi, Aliza Tinur Awwali

Abstract


Aik Bukaq merupakan salah satu desa yang memiliki sumber daya alam yang melimpah,mulai dari hasil pertanian sampai ke perikanan. Akan tetapi, kemampuan masyarakat dalam meemanfaatkan sumber daya alam nya masih kurang serta alat dan surat perijinan yang masih belum memadai. Tujuan program ini adalah pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan produk olahan keripik bonggol pisang di Desa Aik Bukaq. Metode yang digunakan dalam program ini adalah pemberdayaan dan penyuluhan. Pengumpulan dan analisis data adalah dengan kajian pustaka dan metode observasi. Hasil yang dicapai dalam program ini adalah pengolahan keripik bonggol pisang dapat dikatakan layak dikembangkan sebagai usaha untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Dan didukung dengan adanya surat ijin usaha perdagangan serta pembaharuan kemasan.

Kata Kunci: Pemberdayaan masyarakat, Keripik, Bonggol Pisang


Full Text:

PDF

References


Balitbang Pertanian. 2007. Prospek dan Arah Pengembangan. Agribisnis Pisang. Edisi kedua. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Jakarta: Departemen Pertanian.

Cahyadi, 2008. Analisis dan aspek kesehatan bahan tambahan angan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Hasibuan, M. S. P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Ed. Revisi. Bumi Aksara, Jakarta.

Kasutjianingati., Boer, D. 2013. Mikropropagasi Pisang Mas Kirana (Musa acuminate L) memanfaatkan BAP dan NAA secara In Vitro. J. Agroteknos. 3(1)

Naria, E. 2015. Higiene Sanitasi Makanan dan Minuman Jajanan di Kompleks USU, Medan. Higiene Sanitasi Makanan dan Minuman Jajanan.

Setianto, A. Yudi. 2008. Panduan lengkap mengurus segala dokumen (perijinan, pribadi, keluarga, dan bisnis. Jakarta, Pranita Offset

Susilawati., Yakin, S. H. 2017. Analisis Strategi pemasaran makanan tradisonal (studi kasus industry rengginang di kecamatan sakra pusat). JPEK. Vol 1(1)

Wijaya, 2013. Manfaat buah asli indonsia. Jakarta: PT Gramedia

Yulianto, A. Nurcholis. 2015. Penerapan standard hygienes dan sanitasi dalam meningkatkan kualitas makanan di food dan beverage department @Hom Platinum Hotel Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu. Vol 6(2)


Article Metrics

Abstract view : 66 times
PDF - 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Mataram

Address: Jalan Pendidikan No. 37 Mataram - NTB, Indonesia. 
Phone: (0370) 641552, 638265 Fax. (0370) 638265
Website: lppm.unram.ac.id, Email:  lppm@unram.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Warta Desa (JWD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License