OPTIMALISASI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA BUKIT KOREA DI DESA DOPANG KECAMATAN GUNUNG SARI KABUPATEN LOMBOK

Rianto Derita Jaya, Miftahul Rizki Lestari, Salsabila Luki Sucia

Abstract


Pengembangan kawasan wisata merupakan salah satu sektor kegiatan yang mampu mendorong aspek perekonomian terutama untuk peningkatan pendapatan masyarakat, dalam hal ini masyarakat desa Dopang, kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat. Desa Dopang  adalah salah satu desa otonom  dengan salah satu potensi utama pada bidang Pariwisata yaitu wisata alam bukit Korea yang masih baru dikembangkan di Desa Dopang, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat. Berdasarkan hasil observasi dalam rangka penyelenggaraan kegiatan KKN-pemberdayaan Universitas Mataram Tahun 2019, ditemukan masalah bahwa masih kurangnya pengelolaan fasilitas prasarana baik secara fisik dan non fisik, serta kurangnya daya Tarik unggulan. Permasalahan pengembangan Wisata Bukit Korea ini dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat dan lembaga terkait di Desa Dopang yaitu dalam mengembangkan dan mempromosikan wilayah tersebut. Metode yang digunakan dalam optimalisasi pengembangan kawasan wisata Bukit Korea didasarkan pada keberhasilan obyek wisata, ketersediaan SDM pengelola, manfaat keberadaan wisata aspek finansial, dan dampak sosialnya. Hasil yang dicapai pada kegiatan ini adalah penataan kawasan wisata yang lebih baik, pemantapan Kelembagaan pengelola wisata yaitu Karang taruna dan Pokdarwis, pengelolaan wisata yang tepat, promosi wisata melalui akun-akun media sosial secara online, serta pengembangan SDL sebagai penunjang keberhasilan pengembangan wisata, dan pembelajaran barbasis wisata dan alam melibatkan anak sekolah dasar Desa Dopang sebagai Generasi penerus dalam pengembangan kawasan Wisata Di Desa dopang, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat.

Kata Kunci: pariwisata, pengembangan, optimalisasi.


Full Text:

PDF

References


Muljadi A.J, 2009, kepariwisataan dan perjalanan, rajawali pres, Jakarta.

Profil Desa dan Kelurahan Desa Dopang. 2017. Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan. Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa( BPMPD) Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Samorn, M.C.L. Sales, and S, Phunsiri. 2002. Solid waste recycling, Disposal and Management in Bangkok. J Environ. Res. 28:106-112.

Sumardi, M. 2001. Kemiskinan Daerah Urban. Rajawali. Jakarta.

Malo, M. 2003. Metode Penelitian Sosial. Pusat Penertiban Universitas Terbuka. Jakarta.

Laporan KKN Tematik Desa Dopang Periode Agustus-September 2019.


Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Mataram

Address: Jalan Pendidikan No. 37 Mataram - NTB, Indonesia. 
Phone: (0370) 641552, 638265 Fax. (0370) 638265
Website: lppm.unram.ac.id, Email:  lppm@unram.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Warta Desa (JWD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License