Perkawinan Usia Dini di Desa Kebon Ayu: Sebab dan Solusinya

Cintya Ganes Budastra

Abstract


Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) merupakan upaya untuk meningkatkan usia pernikahan, sehingga mencapai usia ideal pada saat melakukan pernikahan. Dengan PUP tidak sekedar menunda usia pernikahan namun juga mengusahakan agar pernikahan dilakukan pada pasangan yang dewasa dari segi ekonomi, kesehatan, kesiapan mental serta psikologi. Pernikahan usia dini, merupakan salah satu permasalahan utama yang marak terjadi di Desa Kebon Ayu. Data jumlah perkawinan di Desa Kebon Ayu (2019) menunjukkan persentase perkawinan umur perempuan dibawah 21 tahun  dan laki-laki dibawah 25 tahun  sebesar 80,19%. Penyebab utama terjadinya pernikahan usia dini di Desa Kebon Ayu pada sebagian besar masyarakat yakni kesalahan penggunaan media sosial, rendahnya pendidikan dan ekonomi, pengaruh keluarga serta pola pikir masyarakat. Edukasi PUP merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahn tersebut. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode deskriptif dan teknik wawancara mendalam digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan hasil edukasi PUP yang telah dilakukan di Desa Kebon Ayu, sebagian besar atau sekitar 97% dari 50 orang peserta mentakan pengetahuan dan kesadarannya meningkat tentang pentingnya PUP sehingga diharapkam kasus perkawinan usia dini di Desa Kebon Ayu dapat menurun. Melalui kegiatan edukasi PUP ini diharapkan masyarakat khususnya remaja untuk lebih menyadari pentingnya kesiapan sebelum menikah baik dari segi  mental, usia, pendidikan dan ekonomi serta dibutuhkannya peran orang tua dalam memberikan kesempatan dan mengarahkan  anak dalam menggapai pendidikan setingi-tinggnya  demi terwujudnya keluarga sejahtera.

Kata Kunci:  Kebon Ayu, Perkawinan, BKKBN, PUP


Full Text:

PDF

References


Andika, Agus. (2019). Data Jumlah Perkawinan Desa Kebon Ayu, Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat Bulan Januari-Desember 2019. Desa Kebon Ayu: PPKBD Desa Kebon Ayu, hal:1-12.

Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). (2010). Pendewasaan Usia Perkawinan dan Perlindungan Hak-hak Reproduksi bagi Remaja Indonesia, Cetakan Edisi ke-2. Jakarta: Direktorat Remaja dan Hak-hak Reproduksi Remaja, hal: 96-100.

Hurlock, Elizabeth B. (1993) . Psikologi Perkembangan Anak, Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Fadjar, Mulyadi. (2018). Pendewasaan Usia Perkawinan. Jurnal PUP, Vol.1 No.1, p.1-4.

Hanum. (2010). Perkawinan Usia Belia. Jurnal Penelitian, Vol.1 No.1, p.1-5.

Ibrahim, I.Z., Rahmaniar, Nur, A.Z., Mildawati dan Asdita,R.R. (2018). Penyalahgunaan Sosial Media pada Anak dibawah Umur dalam Mengakses Pornografi. JurnalPenelitian,Vol.1No.1,p.1-13.


Article Metrics

Abstract view : 118 times
PDF - 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Mataram

Address: Jalan Pendidikan No. 37 Mataram - NTB, Indonesia. 
Phone: (0370) 641552, 638265 Fax. (0370) 638265
Website: lppm.unram.ac.id, Email:  lppm@unram.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Warta Desa (JWD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License