EDUKASI PENGHIJAUAN MENUJU DESA ASRI PADA MASYARAKAT DESA WAESUHAN

Samsia Umasugi, Samsul Bahari, Muh. Iksan, Azaluddin Azaluddin, Eriyawan Buton, Susiati Susiati

Abstract


Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi penghijauan menuju Desa ASRI (Aman, Sehat, Rindang, Indah) kepada masyarakat Dusun Waesuhan. Masalah yang dihadapi oleh mitra, yakni terdapat banyak lahan tandus yang tidak ditanami pepohonan, kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap pentingnya penghijauan dan pengelolaan lingkungan. Untuk itu, pengusul bersama mitra sasaran PKM akan menawarkan solusi, yakni menggiatkan edukasi penghijauan menuju Desa ASRI (Aman, Sehat, Rindang, Indah) kepada masyarakat Dusun Waesuhan, Desa Wanakarta, Kecamatan Lolongguba, Kabupaten Buru. Solusi ini dianggap penting untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar mereka. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah pendekatan PAR (Participatory Action Research), yakni berupa edukasi berbasis teori dan praktik. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa Edukasi berbasis teori menekankan kepada dua materi inti, yaitu materi Pengelolaan Lingkungan Hidup dan materi Penghijauan. Sementara, edukasi berbasis praktik, yakni melakukan penanaman pohon sebanyak 100 bibit pohon. Hasil dari penerapan edukasi tersebut kepedulian masyarakat pada lingkungan semakin tinggi, hal tersebut ditandai dengan antusiasnya masyarakat Dusun Waesuhan mengikuti jalannya PKM ini.

Full Text:

PDF

References


Adhistian, P., Mairizal, M., & Dahniar, T. (2021). PENATAAN LINGKUNGAN DENGAN PENANAMAN POHON UNTUK MENCEGAH TERJADINYA LONGSOR DI DESA URUG, SUKAJAYA, BOGOR. Aphelion, 1(2), 169–176.

Harryanto, R., Sudirja, R., Saribun, D. S., & Herdiansyah, G. (2017). GERAKAN PENGHIJAUAN DAS CITARUM HULU DI DESA CIKONENG KECAMATAN CILEUNYI KABUPATEN BANDUNG. Dharmakarya, 6(2), 78–82.

Imamah, N. (2021). GERAKAN PENGHIJAUAN SEBAGAI RINTISAN DESA WISATA UNTUK MENINGKATKAN INCOME MASYARAKAT DI DESA SUMOKALI, CANDI, SIDOARJO. Dinamis, 1(1), 26–33.

Pratiwi, D. A. (2017). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT RW 12 DALAM KEGIATAN PENGHIJAUAN LINGKUNGAN DI KAVLING MANDIRI KELURAHAN SEI PELUNGGUT. Minda Baharu, 1(1), 25–32.

Setyobudiarso, H., Yuwono, E., & Ma’ruf, A. (2020). KEGIATAN PENGHIJAUAN DI PESISIR WATU LATER DUSUN RAWATRATE, DESA SITIARJO, KABUPATEN MALANG. Solidaritas, 3(2), 48–53.

Wardani, N. R., & Putra, D. F. (2020). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGHIJAUAN UNTUK KONSERVASI SUMBER AIR BANYUNING KOTA BATU. Abdimas Berdaya, 3(1), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.29303/jwd.v3i2.146

Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF - 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Mataram

Address: Jalan Pendidikan No. 37 Mataram - NTB, Indonesia. 
Phone: (0370) 641552, 638265 Fax. (0370) 638265
Website: lppm.unram.ac.id, Email:  lppm@unram.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Warta Desa (JWD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License