PEMBUATAN BAHAN PEMBELAJARAN MELALUI GOOGLE SITE UNTUK GURU SMP PADA PEMBELAJARAN DARING

Ratna Yulinda, Rizky Febriyani Putri, Muhammad Fuad Sya'ban

Abstract


Pembelajaran di sekolah saat ini hampir seluruhnya melaksanakan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring menuntut penguasaan teknologi serta kreativitas guru dalam menyampaikan materi pelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Namun  demikian, masih ada kendala yang dihadapi oleh guru, diantaranya diperlukannya kemudahan dalam menggunakan aplikasi maupun perangkat dalam menyiapkan bahan pembelajaran daring, serta biaya pembuatan yang murah. Hal ini menyebabkan perlu adanya pendampingan dan pemberian informasi tentang aplikasi yang dapat digunakan dalam membuat bahan ajar, agar transfer pengetahuan dari guru dapat disampaikan dengan baik. Kegiatan pendampingan yang dilakukan adalah pembuatan bahan pembelajaran melalui google site bagi guru SMP. Kegiatan ini merupakan solusi yang praktis dan mudah untuk membantu guru menguasai kompetensi yang mendukung dalam pembelajaran daring. Pengukuran tingkat keberhasilan kegiatan ini dilihat dari tugas yang diberikan kepada peserta, yaitu membuat sendiri bahan pembelajaran pada website melalui google site. Dari hasil penilaian yang dilakukan, hampir semua guru sudah mampu membuat bahan pembelajaran melalui google site. Pembuatan bahan ajar dengan google site menjadi salah satu aplikasi yang mudah digunakan untuk pelaksanaan pembelajaran daring bagi guru SMP.

Full Text:

PDF

References


Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Volume 1 No. 1

Bell, D., Nicoll, A., Fukuda, K., Horby, P., Monto, A., Hayden, F., ... Van Tam, J. (2006). Nonpharmaceutical interventions for pandemic influenza, national and community measures. Emerging Infectious Diseases. https://doi.org/10.3201/eid1201.051371

Handayani. Oktafia Ika dan Wulandari, SS. 2020. Pembelajaran Daring senagai Upaya STudi From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3.

Jubaidah, Siti dan Zulkarnain, M.R. 2020. Penggunaan Google Sites pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan SMP Kelas VIII SMPN 1 Astambul. LENTERA JUrnal Ilmiah Kependidikan Vol. 15 No. 2 (2020) 68-73.

Kemendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110. 10.24235/ileal.v3i1.1820

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

Stein, R. (2020). COVID-19 and Rationally Layered Social Distancing . International Journal of Clinical Practice. https://doi.org/10.1111/ijcp. 13501

Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The epidemiology and pathogenesis of coronavirus disease (COVID-19) outbreak. Journal of Autoimmunity. https ://doi.org/ 10.1016/j.jaut.2020.102433

Setyawan, Bambang. 2019. Pengembangan Media Google Site dalam Bimbingan Klasikal Di SMAN 1 Sampung. Jurnal Nusantara og Research Vol 6. No. 2 78, 87.




DOI: https://doi.org/10.29303/jwd.v3i2.143

Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Mataram

Address: Jalan Pendidikan No. 37 Mataram - NTB, Indonesia. 
Phone: (0370) 641552, 638265 Fax. (0370) 638265
Website: lppm.unram.ac.id, Email:  lppm@unram.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Warta Desa (JWD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License