RUMAH PANGAN LESTARI (RPL) DENGAN SISTEM HIDROPONIK BERBASIS ZERO WASTE DI LINGKUNGAN DAYAN PEKEN AMPENAN KOTA MATARAM

Rifki Maulana Wahyu, Hasriatul Hasani, Ilham Juniarti, Muhammad Fachrozi C.B, Nadia Yuliana, Namira Anjani, Rangga Perdana, Rivaldo Yudho Prakoso, Shafira Kusumawardhani, Vici Eliamantari, Murniati Murniati

Abstract


Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sarana bagi mahasiswa untuk berkontribusi secara langsung kepada masyarakat.  Mahasiswa dituntut untuk berfikir secara kreatif dan inovatif dalam menangani permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Seringkali permasalahan yang timbul bagi masyarakat yaitu kurangnya ketersediaan bahan pangan. Untuk itu, solusi yang mudah dilakukan yaitu dengan melakukan budidaya tanaman. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan konsep Rumah Pangan Lestari (RPL). Rumah Pangan Lestari (RPL) adalah sebuah inovasi yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi  masyarakat. Tanaman pangan yang dimaksud meliputi sayur-sayuran seperti selada, bayam, kangkung dan pakcoy. Budidaya tanaman sayur dapat dilakukan dengan sistem hidroponik berbasis zero waste dengan memanfaatkan barang bekas seperti botol bekas dan sterofoam. Kegiatan ini dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap pertama budidaya hidroponik, meliputi survey lokasi pembuatan greenhouse, mengumpulkan alat dan bahan, pembuatan greenhouse, dan pembibitan sampai pada perawatan hidroponik. Tahap kedua yaitu sosialisasi kepada masyarakat lingkungan dayan peken kota mataram tentang proses budidaya hidroponik. Dari hasil kegiatan ini menunjukan bahwa penerapan inovasi RPL dengan budidaya hidroponik dapat mengoptimalkan kebutuhan pangan bagi masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2018. Manfaat Buah Untuk Kesehatan. https://krakataumedika.com. Diakses pada tanggal 20 Februari 2021.

Anonim. 2016. Dayan Peken, Nusa Tenggara Barat.http://www.sipppid.mataramkota.go.id. Diakses pada tanggal 20 Februari 2021.

Anonim. 2015. Pengembangan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL).

http://www. http://kalteng.litbang.pertanian.go.id. Diakses pada tanggal 20 Februari 2021.

Novita, F. 2019. Metode Wick System. https://www.pulokambing.com/metode-wick-system. Diakses pada tanggal 20 Februari 2021.

Nurwati, A., Seprita, L dan Mufti. 2015. Model Pemberdayaan Pekarangan Di Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Jurnal Agribisnis Vol. 17 No. 1

Purwaningsih, Y. 2008. Ketahanan Pangan : Situasi, Permasalahan, Kebijakan, dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol. 9, No. 1:1 – 27.

Salim, Fajria Dewi dan Darmawaty. 2016. Kajian Ketahanan Pangan Rumah Tangga Nelayan Buruh Di desa Bajo Sangkuang Kabupaten Halmahera Selatan. Jurnal Sosek KP, 11 (1), 43-58

Sari, Lapeti dan Iva Desman. 2010. Ketersediaan Pangan Di Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Ekonomi, 18 (2), 40-62.

Saptana. 2013. Mengenal Rumah Pangan Lestari. Badan Litbang Pertanian.

Wilandari, S., Walson, H.S & Nuraini, Y. 2020. Kajian Potensi Sumber Daya Perikanan di Kecamatan Ampenan Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan, Vol. 9, No. 107-112.




DOI: https://doi.org/10.29303/jwd.v3i2.124

Article Metrics

Abstract view : 23 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Mataram

Address: Jalan Pendidikan No. 37 Mataram - NTB, Indonesia. 
Phone: (0370) 641552, 638265 Fax. (0370) 638265
Website: lppm.unram.ac.id, Email:  lppm@unram.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Warta Desa (JWD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License