PEMBERDAYAAN RUMAH CERDAS UNIVET (RCU) BUNAYYA DI DESA JETIS SUKOHARJO
Authors
Meidawati Suswandari , Erma Dwi WidayantiDOI:
10.29303/jwd.v3i1.120Published:
2021-04-18Issue:
Vol. 3 No. 1 (2021): Jurnal Warta Desa (JWD)Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tujuan pengabdian ini adalah 1) untuk membantu siswa dalam mendampingi belajar dari rumah selama masa pandemic Covid-19, dan 2) untuk memberdayakan Rumah Cerdas Univet (RCU) di Desa Jetis Sukoharjo. Metode pengabdian ini dilakukan melalui 4 tahapan, yaitu sosialisasi, pelaksanaan, pendampingan, dan evaluasi. Pengabdian ini dilakukan di Ngabean RT 02 RW 01, Desa Jetis, Sukoharjo. Sasaran pemberdayaan Rumah Cerdas Univet ini yaitu siswa Taman Kanak-Kanak (TK) dan siswa Sekolah Dasar (SD) dengan jumlah 5 orang. Hasil pengabdian menunjukan bahwa 1) untuk membantu siswa dalam mendampingi belajar dari rumah selama masa pandemic Covid-19 yaitu berjalannya RCU Bunayya dengan aktivitas bimbingan belajar berjalan dengan baik dan tidak ada kendala. Hal ini terlihat dari mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan RCU Univet Bunayya dan dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran selama pandemi covid-19. Disisilain evaluasi hasil belajar siswa diperoleh bahwa siswa merasa senang dan menyukai pembelajaran (bimbingan belajar) oleh kakak-kakak mahasiswa KKN Univet Bantara. 2) untuk memberdayakan Rumah Cerdas Univet (RCU) di Desa Jetis Sukoharjo dengan 4 tahapan, antara lain: (a) tahap Sosialisasi, meliputi pengenalan ruang lingkup Rumah Cerdas Univet Bunayya serta memberi dukungan bagi guru, peserta didik, dan pihak sekolah dalam beradaptasi melalui penerapan dan penggunaan teknologi untuk mendukung kegiatan belajar di rumah. (b) Tahap Pelaksanaan, proses bimbingan belajar di RCU Bunayya pelaksanaanya dilakukan oleh mahasiswa KKN dalam bentuk bimbingan belajar di rumah setiap hari Selasa dan Jumat pukul 13.00-14.00 WIB. (c) Tahap Pendampingan, pelaksanaan pendampingan pembelajaran juga mengikuti protocol kesehatan. (d) Tahap Evaluasi, mahasiswa KKN melaksanakan program kerja RCU Bunayya dengan baik hal ini terlihat pula hasil belajar siswa/anak baik dalam bentuk nilai skor soal penugasan.References
El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2016). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 161–174.
Estriyanto, Y. (2020). Penguatan Ketahanan Masyarakat terhadap Pandemi Covid-19 dengan Program Kuliah Kerja Nyata. DEDIKASI: Community Service Reports, 2(2), 66–78. https://doi.org/10.20961/dedikasi.v2i2.46541
Hidayat, N. (2019). Model Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif Interkonektif Berbasis pada Pengembangan Masyarakat yang Produktif Inovatif dan Kreatif. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 2(2), 219. https://doi.org/10.14421/panangkaran.2018.0202-03
Putu, N., Nonik, S., Sulastri, M., & Sedanayasa, G. (2014). Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 Sma Negeri 1 Sukasada. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).
Sulistyaningrum, D., & Al Hakim, R. R. (2020). Pendampingan Pembelajaran Siswa Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19 : Studi Kasus KKN Tematik Covid-19. ANDASIH Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 1–7.
Syardiansah, S. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915
Yusra, A., Yuwono, D., Sugiharto, P., & Sutoyo, A. (2017). Model Bimbingan Belajar Berbasis Prinsip-prinsip Belajar dalam Islam untuk Meningkatkan Kemanfaatan Ilmu. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 106–112.