KOPI SAJANG MENUJU DUNIA MELALUI PROMOSI DAN PEMBAHARUAN KEMASAN PRODUK

M. Sarjan, Baiq Jannatun Na’im, Rosita Wati

Abstract


Desa Sajang kecamatan Sembalun kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu desa yang terletak di sebelah utara lereng gunung Rinjani. Desa ini memilki komuditas kopi yang sangat baik. Namun, ada beberapa masalah yang dihadapi oleh produsen kopi di desa ini, salah satunya adalah masalah pemasaran. Lokasi desa yang jauh dari kota membuat pemasaran kopi sajang ini terkendala. Permasalahan ini dapat diatasi dengan membuat alat promosi. Alat promosi disini dapat berupa pamplet, media sosial  dan lain sebagainya. Pembuatan media sosial kopi sajang ini bertujuan untuk memudahkan dalam promosi dan kopi tersebut bisa dikenal lebih luas. Metode yang digunakan adalah persiapan program, pembaharuan kemasan produk kopi sajang dan pembuatan media sosial berupa instagram. Hasil dari kegiatan ini adalah kopi sajang dapat dikenal lebih luas dan memudahkan dalam pemasaran dan lebih menarik dari segi kemasan.

 

Kata Kunci: Sajang, Kopi, Branding, Promosi.


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Jasa. Bandung: Alfabet.

Bhara,M. 2005. Pengaruh Pemberian Kopi Dosis Bertingkat Per Oral 30 Hari Terhadap Gambaran Histopologi Hepertikus Wistar. Universitas Diponegoro: Semarang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2017.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan dan Pengendalian. Jakarta : LPFE-UI.

Lelyana, R. 2008. Pengaruh Kopi terhadap Kadar Asam Urat Darah, Study Eksperimen pada tikus Rattus Norwegicus Galur Wistar. Universitas Diponegoro: Semarang.

Munaf, Triawan. 2017. Aroma Kopi Nusantara. Majalah Retas.

Palgunadi, Bram. 2007. Disain Produk 2 : Analisis dan Konsep Disain. Bandung : Penerbit ITB.

Ridwansyah. 2002. Pengolahan Kopi Edisi Ke-2. Medan: Usulibrary.

Saputra, E,. 2008. Kopi. Harmoni: Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Andi: Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Mataram

Address: Jalan Pendidikan No. 37 Mataram - NTB, Indonesia. 
Phone: (0370) 641552, 638265 Fax. (0370) 638265
Website: lppm.unram.ac.id, Email:  lppm@unram.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Warta Desa (JWD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License