PEMANFAATAN PRODUK OLAHAN URINE SAPI MENGGUNAAKAN SISTEM AERASI SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR (POC) di DESA SEPAKEK, KECAMATAN PRINGGARATA, KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Ninda Septiani, Hudian Yusfil Hazmi, Devi Marlinda

Abstract


Pupuk organik dapat berbentuk padat atau cair, pupuk ini dapat diperoleh dari alam dan ketersediannya terus meningkat. Pupuk organik dari limbah urine sapi dapat mencegah ketergantungan petani terhadap pupuk kimia. Pupuk organik cair (POC) urine sapi mempunyai manfaat untuk menyuburkan tanaman, untuk menjaga stabilitas unsur hara dalam tanah, untuk mengurangi dampak sampah organik di lingkungan sekitar, membantu. Tujuan dari pemanfaatan produk olahan pupuk organik cair (POC) urine sapi adalah untuk memberikan kesadaran arti penting pengolahan limbah menjadi pupuk organik cair. Metode yang digunakan yaitu metode fermentasi dan metode dengan sistem aerasi. Hasil dari pegujian lab ketiga sampel yang dibuat yaitu sampel 2 yang memiliki nilai N dan NH3 yang sesuai dengan kebutuhan tanaman dengan kandungan N (0,14 %) dan kandungan (NH3 153 (mg/L)).


Kata kunci : Urine sapi, fermentasi, sistem aerasi


Full Text:

PDF

References


Maretta S. 2003. Sifat kimia Entisol pada sistem pertanian organik. Ilmu Pertanian.10 (2):63-6.

Maretta, W., Suhadi dan Agung W. 2016. Pengaruh Konsentrasi Urine Sapi Brahman (Bos taurus indicus Linn.) Terhadap Pertumbuhan Bibit Cabai Rawit (Capsicum frutescens Linn.)

Putri, H. 2017. Pengaruh Berbagai Konsentrasi Pupuk Organik Cair (POC) urin Sapi TerhadapPertumbuhan Tanaman Hijau (Amaranthus tricolor L.) . Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Rasyid, R. 2017. Kualitas Pupuk Cair (Biourine) Kelinci Yang Diproduksi Menggunakan Jenis Dekomposer Dan Lama Proses Aerasi Yang Berbeda. Skripsi. Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin Makassar. Makassar.

Rizki, K, Aslim R dan Murniati. 2014. Pengaruh Pemberian Urin Sapi Yang Difermentasi Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Sawi Hijau (Brassica Rafa). Jom Faperta. 1(2) : 1-11.

Rohani St. 2016. Model Pemanfaatan Urine Sapi Sebagai Pupuk Organik Cair Kecamatan Liburen Kabupaten Bone. Jurnal Panrita Abdi. 1(1):11-15.

Siburian T. 2006. Analisis Biologi Pangan. PT. Raja GraFindo Persada. Jakarta, 5-50.

Wahyono S., 2011. Pengolahan Sampah Organik dan Aspek Sanitasi. Jurnal Teknologi Lingkungan. 2(2) : 113-118.

Waresfram. 2010. Aplikasi pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi. Jurnal Agrisistem. 7 (1): 27-34.


Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF - 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Mataram

Address: Jalan Pendidikan No. 37 Mataram - NTB, Indonesia. 
Phone: (0370) 641552, 638265 Fax. (0370) 638265
Website: lppm.unram.ac.id, Email:  lppm@unram.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Warta Desa (JWD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License