PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMANFAATAN PRODUK KERUPUK BERBAHAN KULIT
Abstract
Desa Rumak merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamtan Kediri, Kabupaten Lombok Barat. Desa ini terdiri dari 4 dusun yang Mayoritas penduduk Rumak pun banyak yang bekerja di kota mataram, dan sebagian masih bekerja di dalam desa mulai dari berkerja di pertokoan sampai masih ada sebagian kecil yang berkerja lapangan seperti petani di sawah. Masalah yang dihadapi desa ini yaitu pengembangan produk olahan dan ruang lingkup pemasaran yang relative sempit. Dari sekian banyak masalah yang ada, masalah pengembangan produk kerupuk kulit berbahan Kulit sapi menjadi topik utama yang sangat perlu untuk dikembangkan. Permasalahan pengembangan produk keripik Kulit ini dikarenakan kurangnya kemampuan masyarakat di Desa Rumak yaitu dalam mempromosikan dan memasarkan produk. Upaya untuk mengembangkan produk Kerupuk Kulit di desa Rumak, Kami akan membuat Varian Rasa Kerupuk Kulit sapi dan melatih mayarakat untuk dapat mepromosikan produknya secara lebih luas. Metode yang digunakan adalah merekrut masyarakat dari masing-masing dusun yang ada di Rumak sebagai peserta pelatihan pembuatan kerupuk Kulit berbahan Sapi, Pelatihan pengolahan kerupuk sapi, Pembaharuan kemasan dan varian rasa produk kerupuk kulit sapi , dan Promosi atau pemasaran produk olahan baik secara offline, online.
Kata kunci : Rumak, kerupuk kulit sapi, varian rasa, pemasaran.Full Text:
PDFReferences
Tjiptono, Fandy. 1999, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.
Saladin, Djaslim. 2003. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, Cetakan Ketiga. Bandung : Linda Karya
Article Metrics
Abstract view : 72 timesPDF - 97 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mataram Address: Jalan Pendidikan No. 37 Mataram - NTB, Indonesia. |
|