PENGEMASAN DAN PEMASARAN GULA AREN (Arrenga Pinnata Merr) MENANGIS ANGEN PRODUKSI DESA SENARU DUSUN TANAK BISA KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN 2020

Tarita Sita Febiana, Suqia Hidayatin

Abstract


Aren atau enau (Arrenga pinnata Merr) adalah salah satu keluarga palma yang memiliki potensi nilai ekonomi  yang tinggi dan dapat tumbuh subur di wilayah  tropis seperti Indonesia.  Menangis  Angen merupakan salah satu kelompok usaha produksi gula aren   yang terdapat di Dusun Tanak Bisa. Hasil produksi gula aren di kemas menggunakan bagian dari pohon aren itu sendiri yaitu bagian daun paling muda. Kemasan di buat semenarik mungkin untuk menarik minat dari pembeli. Selain itu, pemasaran juga dilakukan menggunakan  media online seperti Facebook dan Instagram,  sedangkan untuk media offline menggunkan brosur. Metode yang akan digunakan yaitu dengan cara observasi, kajian pustaka dan dokumentasi data, selanjutnya akan dianalisis menggunakan metode view. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan hasil penjualan dan meningkatkan brand image  produk gula aren kelompok Menangis Angen Dusun Tanak Bisa Kecamatan Bayan.

Kata Kunci: Gula aren, Menangis angen, Tanak Bisa


Full Text:

PDF

References


Cenadi, C. S. (2000). Peran DesainKemasan Dalam Dunia Pemasaran. Jurnal Nirmana , 2 (1), 92-103.

Hidayat, R. S., Rusman, Y., & Ramdan, M. (2016). Analisis Saluran Pemasaran Gula Aren (Arenga Pinnata) (Studi Kasus Di Desa Capar Kecamatan Salem Kabupaten Brebes). Journal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh , 2 (2),117-124.

Soesanto, L. A., Tanudjaja, B. B., & Baskoro. (2010). Perancangan Desain Kemasan Gula Aren Tradisional Produksi Desa Margolelo Rowoseneng. 1-12.


Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF - 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Mataram

Address: Jalan Pendidikan No. 37 Mataram - NTB, Indonesia. 
Phone: (0370) 641552, 638265 Fax. (0370) 638265
Website: lppm.unram.ac.id, Email:  lppm@unram.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Warta Desa (JWD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License